RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : XII
/ 5
Standar Kompetensi :
Memecahkan masalah dengan konsep teori
peluang
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi
dan kombinasi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 Menit
Indikator : - menentukan
banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan
- menyelesaikan masalah notasi faktorial
Pertemuan : ke - 1
I. Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan Akademik
Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1. menjelaskan
pengertian dari kaidah pencacahan
2. menyebutkan
macam-macam metode dalam kaidah pencacahan
3. menjelaskan
pengertian dari metode/aturan pengisian tempat
4. menentukan
banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah
pencacahan dengan metode/aturan pengisian tempat
5. menyelesaikan
masalah notasi faktorial
B.
Nilai Karakter
Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat :
1. Menanamkan nilai
Ketuhanan Yang Maha Esa (Religius)
2. Selalu berupaya untuk
mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan luas (Rasa
ingin tahu)
3. Bersungguh-sungguh
dalam menyelesaikan soal/permasalahan (kerja keras)
4. Menemukan hal yang
baru dengan sesuatu yang telah dimiliki
(Kreatif)
5. Menyelesaikan
tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu (Tanggung jawab)
6. Menyelesaikan suatu
permasalahan tanpa bergantung pada orang lain (Mandiri)
II. Materi Pembelajaran
1. Kaidah pencacahan
2. Aturan Pengisian
Tempat
3. Faktorial
( Uraian materi secara lengkap ada pada
lampiran )
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
A. Kegiatan Awal
- Pendahuluan :
·
Salam
·
Doa
·
Absensi
·
Apersepsi :
“ Anak-anak, ada berapa jalan yang bisa kalian lewati dari rumah kalian
menuju ke sekolah ini, jika harus melewati pasar Ngunut ? ”
· Motivasi :
”
Mengingat materi yang akan kita pelajari ini sangat penting karena banyak
kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari, saya mohon kalian bisa serius
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. ”
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan kali ini.
B. Kegiatan Inti
Ø Guru menyampaikan
pada siswa bahwa metode pembelajaran kali ini adalah diskusi kelompok
Ø Guru menjelaskan tentang
definisi dari kaidah pencacahan, metode-metode dalam kaidah pencacahan, serta
apa dan bagaimana aturan/ metode pengisian tempat itu.
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi permasalahan pertama yang berkaitan dengan apersepsi di atas,
yaitu :
Dari
desa Pakisrejo menuju ke desa Panjerejo dapat ditempuh melalui 2 jalur/jalan.
Sedang dari desa Panjerejo menuju desa Ngunut dapat ditempuh melalui 3
jalan/jalur. Tentukan berapa jalan/jalur yang dapat dilalui dari desa
Pakisrejo menuju desa Ngunut ?
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø Guru membimbing
siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan pertama tersebut
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi permasalahan kedua
yaitu :
Disediakan
himpunan angka-angka . Jika akan disusun suatu bilangan yang terdiri dari 3
angka, maka berapa banyak bilangan yang dapat dibentuk/disusun, jika:
a. tidak boleh ada
angka yang berulang
b. boleh ada angka
yang berulang
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø Guru membimbing
siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan kedua tersebut
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi uraian tentang notasi faktorial dan menjelaskannya beserta
contohnya
C. Kegiatan akhir
Ø Guru membimbing
siswa untuk meyusun kesimpulan dari keseluruhan materi yang baru dipelajari
Ø Guru memberikan
beberapa soal evaluasi untuk dikerjakan siswa secara individu. (Soal evaluasi
ada pada pada lampiran)
Ø Guru memberikan
tugas/pekerjaan rumah pada siswa
|
Ø Siswa mendengarkan
dan aktif bertanya
Ø siswa membentuk
kelompok, di mana tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa
Ø siswa memperhatikan
dan aktif bertanya
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø siswa aktif
menyusun kesimpulan dari permasalahan yang pertama
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø siswa aktif menyusun
kesimpulan dari permasalahan yang pertama
Ø siswa memperhatikan dan aktif bertanya
Ø siswa aktif
menyusun kesimpulan dari semua materi yang baru dipelajari
Ø siswa mengerjakan
evaluasi
Ø siswa mencatat tugas / PR
|
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
25 menit
|
VI.
Sumber Belajar
- Drs Kasmina dkk, Matematika SMK, Erlangga,
Jakarta, 2006
-
Drs.Wiyoto & Drs. Wagirin, Matematika Teknik, Angkasa, Bandung, 1996
- Dra.B.Etty
Winartiningsih, LKS Matematika SMK, Hayati, Solo
VII. Media Pembelajaran
-
laptop
-
LCD proyektor
Mengetahui, Tulungagung, Juli 2011
Kepala SMK NGUNUT, Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PRIH HARIYANTO,
M.Pd. NINIK PURWANING TYAS, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar