Senin, 02 Juli 2012

RPP FILLING SLOTS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran         : MATEMATIKA
Kelas/Semester         : XII / 5
Standar Kompetensi   :     Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang
Kompetensi Dasar    :  Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
Alokasi Waktu         :  2 x 45 Menit
Indikator                  :  -     menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan 
                                    -     menyelesaikan masalah notasi faktorial
Pertemuan                :  ke - 1


I.    Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan Akademik
Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat:
1.      menjelaskan pengertian dari kaidah pencacahan 
2.   menyebutkan macam-macam metode dalam kaidah pencacahan
3.   menjelaskan pengertian dari metode/aturan pengisian tempat
4.   menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan dengan metode/aturan pengisian tempat 
      5.   menyelesaikan masalah notasi faktorial
  B. Nilai Karakter
  Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menanamkan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa (Religius)
2.      Selalu berupaya untuk mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan luas (Rasa ingin tahu)
3.      Bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal/permasalahan (kerja keras)
4.      Menemukan hal yang baru  dengan sesuatu yang telah dimiliki (Kreatif)
5.      Menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu (Tanggung jawab)
6.      Menyelesaikan suatu permasalahan tanpa bergantung pada orang lain (Mandiri)

II.  Materi Pembelajaran
1.      Kaidah pencacahan
2.      Aturan Pengisian Tempat
3.      Faktorial
( Uraian materi secara lengkap ada pada lampiran )

III. Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   penugasan

IV.    Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan guru
Kegiatan Siswa
Waktu
A. Kegiatan Awal
- Pendahuluan :
·   Salam
·   Doa
·   Absensi
·   Apersepsi :
“ Anak-anak, ada berapa jalan yang bisa kalian lewati dari rumah kalian menuju ke sekolah ini, jika harus melewati pasar Ngunut ? ”
·   Motivasi :
” Mengingat materi yang akan kita pelajari ini sangat penting karena banyak kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari, saya mohon kalian bisa serius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. ”
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini.

  B. Kegiatan Inti
Ø  Guru menyampaikan pada siswa bahwa metode pembelajaran kali ini adalah diskusi kelompok



Ø  Guru menjelaskan tentang definisi dari kaidah pencacahan, metode-metode dalam kaidah pencacahan, serta apa dan bagaimana aturan/ metode pengisian tempat itu.

Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi permasalahan pertama  yang berkaitan dengan apersepsi di atas, yaitu :
Dari desa Pakisrejo menuju ke desa Panjerejo dapat ditempuh melalui 2 jalur/jalan. Sedang dari desa Panjerejo menuju desa Ngunut dapat ditempuh melalui 3 jalan/jalur. Tentukan berapa jalan/jalur yang dapat dilalui dari desa Pakisrejo menuju desa Ngunut ?
Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya



Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut

Ø  Guru membimbing siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan pertama tersebut



Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi permasalahan kedua  yaitu :
Disediakan himpunan angka-angka . Jika akan disusun suatu bilangan yang terdiri dari 3 angka, maka berapa banyak bilangan yang dapat dibentuk/disusun, jika:
a.      tidak boleh ada angka yang berulang
b.      boleh ada angka yang berulang

Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya



Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut



Ø  Guru membimbing siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan kedua tersebut



Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi uraian tentang notasi faktorial dan menjelaskannya beserta contohnya

C. Kegiatan akhir
Ø  Guru membimbing siswa untuk meyusun kesimpulan dari keseluruhan materi yang baru dipelajari



Ø  Guru memberikan beberapa soal evaluasi untuk dikerjakan siswa secara individu. (Soal evaluasi ada pada pada lampiran)
Ø  Guru memberikan tugas/pekerjaan rumah pada siswa






Ø  Siswa mendengarkan dan aktif bertanya










Ø  siswa membentuk kelompok, di mana tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa

Ø  siswa memperhatikan dan aktif bertanya


Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.








Ø  salah satu wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat


Ø  siswa aktif menyusun kesimpulan dari permasalahan yang pertama

Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.








Ø  salah satu wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat





Ø  siswa aktif menyusun kesimpulan dari permasalahan yang pertama

Ø  siswa memperhatikan dan aktif bertanya


Ø  siswa aktif menyusun kesimpulan dari semua materi yang baru dipelajari


Ø  siswa mengerjakan evaluasi

Ø  siswa mencatat  tugas / PR
5 menit

















5 menit





5 menit




5 menit








5 menit





5 menit


5 menit




5 menit









5 menit





5 menit


5 menit




5 menit



5 menit




25 menit

VI.       Sumber Belajar
-     Drs Kasmina dkk, Matematika SMK, Erlangga, Jakarta, 2006
    
-    Drs.Wiyoto & Drs. Wagirin, Matematika Teknik, Angkasa, Bandung, 1996
    
 -   Dra.B.Etty Winartiningsih, LKS Matematika SMK, Hayati, Solo


VII.    Media Pembelajaran
-          laptop
-          LCD proyektor






                  Mengetahui,                                                            Tulungagung,        Juli 2011                                          
         Kepala SMK NGUNUT,                                                      Guru Mata Pelajaran,





Drs. H. PRIH HARIYANTO, M.Pd.                                  NINIK PURWANING TYAS, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar