RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : XI
/ 4
Standar Kompetensi :
Memecahkan masalah dengan konsep teori
peluang
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi
dan kombinasi
Indikator : menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan permutasi
Pertemuan : ke - 2
I. Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan Akademik
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan pengertian dari permutasi
2. menentukan
banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi r
unsur dari n unsur yang berbeda
3. menentukan
banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi yang
memuat unsur yang sama
4. menentukan
banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi
siklis
B. Nilai Karakter
Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat :
1. Menanamkan nilai
Ketuhanan Yang Maha Esa (Religius)
2. Selalu berupaya untuk
mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan luas (Rasa
ingin tahu)
3. Bersungguh-sungguh
dalam menyelesaikan soal/permasalahan (kerja keras)
4. Menemukan hal yang
baru dengan sesuatu yang telah dimiliki
(Kreatif)
5. Menyelesaikan
tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu (Tanggung jawab)
6. Menyelesaikan suatu
permasalahan tanpa bergantung pada orang lain (Mandiri)
II. Materi Pembelajaran
1. Permutasi
2. Permutasi
r unsur dari n unsur yang berbeda
3. Permutasi
yang memuat unsur yang sama
4. Permutasi
siklis
( Uraian materi secara lengkap ada pada
lampiran )
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. penugasan
IV. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
A. Kegiatan Awal
- Pendahuluan :
·
Salam
·
Doa
·
Absensi
·
Apersepsi :
“ Anak-anak, siapa di antara kalian di kelas X dan kelas XI ini pernah
menjadi pengurus OSIS ? Pada saat kalian menentukan siapa-siapa yang akan
duduk / menempati posisi ketua OSIS, sekertaris OSIS, dan bendahara OSIS
sebenarnya kalian telah belajar menerapkan teori peluang (permutasi). ”
· Motivasi :
”
Mengingat materi yang akan kita pelajari ini sangat penting karena banyak
kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari, saya mohon kalian bisa serius
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. ”
B. Kegiatan Inti
Ø Guru menyampaikan pada
siswa bahwa metode pembelajaran kali ini adalah diskusi kelompok
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi permasalahan pertama, yaitu :
Tentukan
berapa banyak kata yang berbeda yang dapat disusun dari kata ” H A T I ” !
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø Guru membimbing
siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan pertama tersebut
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi tentang pengertian dan rumusan dari permutasi yang merupakan
kesimpulan dari penyelesaian permasalahan di atas.
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi tentang penjelasan rumusan dari permutasi r unsur dari n unsur yang berbeda, dan
memberikan satu permasalahan untuk dipecahkan siswa bersama kelompoknya,
yaitu :
Tentukan
berapa banyak susunan 3 huruf dari huruf-huruf A, B, C, D, E, dan F !
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø Guru membuka layar
LCD yang berisi tentang penjelasan rumusan dari permutasi yang memuat unsur yang sama, dan memberikan satu
permasalahan untuk dipecahkan siswa bersama kelompoknya, yaitu :
Tentukan
berapa banyak kata yang berbeda yang dapat
disusun dari kata
” K A T A K ”
dan ” M A L A M ” !
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø Guru membuka layar LCD yang berisi
permasalahan berikutnya, yaitu :
Ada
3 siswa yang sedang duduk di sebuah kantin sekolah. Mereka duduk di depan
meja yang melingkar. Jika mereka ingin bergantian tempat duduk, ada berapa
susunan posisi duduk yang berbeda yang dapat mereka pilih ?
Ø Guru menunjuk 1
siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya
Ø Guru bersama siswa
menanggapi hasil presentasi tersebut.
Ø Guru menjelaskan
bahwa permasalahan tersebut merupakan jenis permutasi siklis melalui layar
LCD yang berisi pengertian dan rumusan dari permutasi silkis.
C. Kegiatan akhir
Ø Guru membimbing
siswa untuk meyusun kesimpulan dari keseluruhan materi yang baru dipelajari
Ø Guru memberikan
beberapa soal evaluasi untuk dikerjakan siswa secara individu. (Soal evaluasi
ada pada pada lampiran)
Ø Guru memberikan
tugas/pekerjaan rumah pada siswa
|
Ø Siswa mendengarkan
dan aktif bertanya
Ø siswa membentuk
kelompok, di mana tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø siswa aktif
menyusun kesimpulan dari permasalahan yang pertama
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø bersama
kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Ø salah satu wakil
tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø siswa memperhatikan
dan mencatat
Ø siswa aktif
menyusun kesimpulan dari keseluruhan materi
yang baru dipelajari
Ø siswa mengerjakan
evaluasi
Ø siswa mencatat tugas / PR
|
5 menit
5 menit
10 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
10 menit
5 menit
5 menit
10 menit
5 menit
5 menit
10 menit
5 menit
5 menit
5 menit
5 menit
30 menit
|
VI. Sumber Belajar
-
Buku Matematika SMK kelas XI, penerbit Erlangga
-
Modul Matematika SMK kelas XI semester 4, MASTER
-
Buku-buku penunjang lain yang relevan
VII. Media Pembelajaran
-
laptop
-
LCD proyektor
Mengetahui, Tulungagung, April 2010
Kepala SMK NGUNUT,
Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. PRIH HARIYANTO,
M.Pd. NINIK PURWANING TYAS, S.Pd.
LAMPIRAN 1
URAIAN MATERI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar