Senin, 02 Juli 2012

RPP PERMUTASI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

           
Mata Pelajaran         : MATEMATIKA
Kelas/Semester         : XI / 4
Standar Kompetensi   :     Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang
Kompetensi Dasar    :  Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
Alokasi Waktu         :  3 x 45 Menit
Indikator                  :  menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi
Pertemuan                :  ke - 2


I.    Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan Akademik
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan pengertian dari permutasi
2.   menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi r unsur dari n unsur yang berbeda 
3.   menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi yang memuat unsur yang sama
4.   menentukan banyaknya cara dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi siklis 
B.  Nilai Karakter
  Selama mengikuti pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menanamkan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa (Religius)
2.      Selalu berupaya untuk mengetahui sesuatu yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan luas (Rasa ingin tahu)
3.      Bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal/permasalahan (kerja keras)
4.      Menemukan hal yang baru  dengan sesuatu yang telah dimiliki (Kreatif)
5.      Menyelesaikan tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu (Tanggung jawab)
6.      Menyelesaikan suatu permasalahan tanpa bergantung pada orang lain (Mandiri)

II.  Materi Pembelajaran
1.      Permutasi
2.   Permutasi r unsur dari n unsur yang berbeda 
3.   Permutasi yang memuat unsur yang sama
4.   Permutasi siklis
( Uraian materi secara lengkap ada pada lampiran )
III. Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   penugasan

IV.    Kegiatan Pembelajaran
         Kegiatan guru
Kegiatan Siswa
Waktu
A. Kegiatan Awal
- Pendahuluan :
·   Salam
·   Doa
·   Absensi
·   Apersepsi :
“ Anak-anak, siapa di antara kalian di kelas X dan kelas XI ini pernah menjadi pengurus OSIS ? Pada saat kalian menentukan siapa-siapa yang akan duduk / menempati posisi ketua OSIS, sekertaris OSIS, dan bendahara OSIS sebenarnya kalian telah belajar menerapkan teori peluang (permutasi). ”
·   Motivasi :
” Mengingat materi yang akan kita pelajari ini sangat penting karena banyak kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari, saya mohon kalian bisa serius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. ”

  B. Kegiatan Inti
Ø  Guru menyampaikan pada siswa bahwa metode pembelajaran kali ini adalah diskusi kelompok



Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi permasalahan pertama, yaitu :
Tentukan berapa banyak kata yang berbeda yang dapat disusun dari kata ” H A T I ” !

Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya



Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut
Ø  Guru membimbing siswa menyusun kesimpulan atas permasalahan pertama tersebut



Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi tentang pengertian dan rumusan dari permutasi yang merupakan kesimpulan dari penyelesaian permasalahan di atas.

Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi tentang penjelasan rumusan dari permutasi  r unsur dari n unsur yang berbeda, dan memberikan satu permasalahan untuk dipecahkan siswa bersama kelompoknya, yaitu :
Tentukan berapa banyak susunan 3 huruf dari huruf-huruf A, B, C, D, E, dan F !

Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya



Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut

Ø  Guru membuka layar LCD yang berisi tentang penjelasan rumusan dari permutasi yang memuat  unsur yang sama, dan memberikan satu permasalahan untuk dipecahkan siswa bersama kelompoknya, yaitu :
Tentukan berapa banyak kata yang berbeda yang dapat   disusun  dari  kata    ”  K A T A K  ”   dan    ” M A L A M ”  !

Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya

Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut

Ø   Guru membuka layar LCD yang berisi permasalahan berikutnya, yaitu :
Ada 3 siswa yang sedang duduk di sebuah kantin sekolah. Mereka duduk di depan meja yang melingkar. Jika mereka ingin bergantian tempat duduk, ada berapa susunan posisi duduk yang berbeda yang dapat mereka pilih ?

Ø  Guru menunjuk 1 siswa yang merupakan wakil masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya


Ø  Guru bersama siswa menanggapi hasil presentasi tersebut.

Ø  Guru menjelaskan bahwa permasalahan tersebut merupakan jenis permutasi siklis melalui layar LCD yang berisi pengertian dan rumusan dari permutasi silkis.

C. Kegiatan akhir
Ø  Guru membimbing siswa untuk meyusun kesimpulan dari keseluruhan materi yang baru dipelajari


Ø  Guru memberikan beberapa soal evaluasi untuk dikerjakan siswa secara individu. (Soal evaluasi ada pada pada lampiran)
Ø  Guru memberikan tugas/pekerjaan rumah pada siswa






Ø  Siswa mendengarkan dan aktif bertanya











Ø  siswa membentuk kelompok, di mana tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 siswa


Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.

Ø  salah satu wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat

Ø  siswa aktif menyusun kesimpulan dari permasalahan yang pertama

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat




Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.





Ø  salah satu wakil dari tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat


Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.






Ø  salah satu wakil tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis
Ø  siswa memperhatikan dan mencatat


Ø  bersama kelompoknya, siswa mendiskusikan permasalahan yang diberikan oleh guru.






Ø  salah satu wakil tiap kelompok menuliskan hasil diskusinya di papan tulis

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat

Ø  siswa memperhatikan dan mencatat




Ø  siswa aktif menyusun kesimpulan dari keseluruhan materi  yang baru dipelajari
Ø  siswa mengerjakan evaluasi


Ø  siswa mencatat  tugas / PR
5 menit


















5 menit





10 menit




5 menit





5 menit
5 menit




5 menit





10 menit







5 menit





5 menit


10 menit






5 menit



5 menit



10 menit







5 menit




5 menit

5 menit





5 menit



30 menit


VI.    Sumber Belajar
-          Buku Matematika SMK kelas XI, penerbit Erlangga
-          Modul Matematika SMK kelas XI semester 4, MASTER
-          Buku-buku penunjang lain yang relevan

VII.    Media Pembelajaran
-          laptop
-          LCD proyektor





























                  Mengetahui,                                                            Tulungagung,        April 2010                                          
         Kepala SMK NGUNUT,                                                      Guru Mata Pelajaran,




Drs. H. PRIH HARIYANTO, M.Pd.                                  NINIK PURWANING TYAS, S.Pd.



LAMPIRAN 1


URAIAN MATERI







Tidak ada komentar:

Posting Komentar